Keliatan Semua dah

Beberapa waktu lalu kita dikenalkan oleh yang namanya layanan Google Earth dimana dengan memakai layanan itu kita bisa melihat-lihat peta udara (Photo Udara) secara jelas lokasi-lokasi kita dunia tempat kita berpijak ini. Namun kita harus menginstall terlebih dahulu apabila kita memakai google earth nah ini yang bikin agak report.
Nah sekarang sudah ada yang aplikasi yang berbasis webnya yaitu di http://www.wikimapia.org , dengan layanan yang berbasis Google Map tapi menggunakan web lebih enak dan fleksible nah contoh diatas adalah hasil dari scanning suatu tempat di UGM namanya dulu BoulevardNet. sekarang tinggal kenangan :).
Dengan perkembangan technologi penginderaan dikawinkan dengan teknologi informasi dan telekomunikasi yang sangat pesat dan semakin canggih sangat-sangat dimungkinkan suatu hari nanti kita bisa melihat aktifitas seseorang secara real time tanpa diketahui oleh orang yang bersangkutan.
Begitu juga sangat-sangat dimungkin suatu hari nanti kita bisa mencari sesuatu yang hilang dengan menggunakan Microchip yang sudah ditanamkan terhadap sesuatu benda/manusia dimana microchip ini bisa langsung terkonek ke satelit pengindera. Sehingga kalau ada kejadian semacam adam Air hilang kita tinggal mengklik-klak-klik mouse kita layar komputer atau men-touch layar smartphone kita(SmartPhone ki Opo sih ?$%$@#$$@$ ). Hal ini bukanlah angan2 kosong karena batas dari perkembangan ilmu dan teknologi itu sendiri adalah sejauh mana kita bisa berkhayal dan mewujudkan khayalan itu, sepanjang kita bisa masih berkhayal maka teknologi hasil khayalan itu masih mungkin diwujudkan tetapi kalau sudah tidak ada khayalan lagi maka berakhirlah kemajuan teknologi itu. (Taufik, Phd.)

Comments

Popular Posts