Tips partisi nyeleneh

Ada sedikit tips untuk membuat partisi di linux dengan label partisi yang agak nyeleneh, misalnya kita ingin ada di linux box terdapat partisi /dodol1, /dodol2 dst dengan ukuran tertentu. Nah pada prinsipnya semua itu bisa dilakukan lewat tool partisi seperti Disk Druid. Namun pada implementasi di lapangan tidak semulus yang di bayangkan. ketika partisi yang diharapkan sudah dibuat sering terjadi error pada saat proses formating.
Masalah tersebut ternyata bisa kita akali dengan memanfaatkan tool partisi "Partition Magic". Just create aja partisi yang kita inginkan misal kita buat partisi "/dodol1" (ketik persis seperti itu di kolom label, dengan catatan semua partisi selain partisi "/" kita arahkan ke Logical Partition). Setelah partisi tersebut siap semua, baru kita action pake CD Installer linux kita (Dalam hal ini saya pakai FC4).
Nah ketika kita sampai pada langkah untuk mempartisi HardDisk maka kita harus memilih "manual" maka akan terdeteksi bahwa hardisk kita sudah terpartisi namun kalau kita perhatikan partisi tersebut belum "terformat" untuk file system ext3fs.
Nah kita pilih pada setiap partisi yang sudah dibuat sebelumnya kemudian kita Edit dengan mengarahkan kepada format file yang akan kita buat.
Nah setelah selesai semuanya sekarang tinggal melanjutkan proses instalasi sampai selesai. Sekian dulu..

Comments

Popular Posts